BLACKHEAD's KENNEL Terakhir diubah: 29 August 2014   
 
Headline News
RESERVASI SEGERA ANAKAN MALINOIS BLACKHEAD
SOSIALISASI & LATBER PERKIN PUSAT (15.07.2014)
KEJUARAAN KAPOLRI CUP 2014 ANJING KERJA PERKIN (7.6.2014)
Articles
PERATURAN AGILITY TERBARU DARI FCI
PERATURAN IPO TERBARU DARI FCI
INFORMASI PENTING PERUBAHAN PERATURAN FCI UNTUK ANJING KERJA
Last Comment
  choki/answered - 2014-08-27 17:07:55
@choki: apa yan
selanjutnya...
 
  Hendri S. Wongso - 2014-08-20 12:40:28
Thanks Bro. San
selanjutnya...
 
  tantri / answered - 2014-08-19 19:42:55
@tantri: anakan
selanjutnya...
 
  ririn / answered - 2014-08-19 13:40:49
@Ririn: kalau s
selanjutnya...
 
  ziggy / answered - 2014-08-13 21:15:58
@ziggy: pertama
selanjutnya...
 
  ziggy / answered - 2014-08-12 23:48:01
@ziggi: tergant
selanjutnya...
 
  Wira adnyana / answered - 2014-08-12 15:59:01
@Wira: stamboom
selanjutnya...
 
  suhartana / answered - 2014-08-12 11:35:35
@suhartana: sej
selanjutnya...
 
 
Articles

MAU TAHU LEBIH BANYAK TENTANG BELGIAN MALINOIS?

Click to Enlarge

Sejak awal saya memelihara Belgian Malinois, saya sungguh percaya anjing ini akan menjadi anjing pekerja yang sangat bagus di Indonesia. Bila kita lihat dari temperatur yang ada di Indonesia, Malinois sangat top untuk kondisi ini. Memang sebelum saya pelihara Malinois, sudah ada Rottweiller, Doberman, Anjing Gembala Jerman, Boxer, dan kenapa pemain anjing di Indonesia bisa melewatkan Belgian Malinois dalam koleksi mereka, anjing yang sungguh-sungguh bisa bekerja.

Malinois di Indonesia sebelumnya sudah ada yang impor dari Australia, Belanda, dan seperti yang diketahui, Militer sudah menggunakan Malinois ini sebelum saya memelihara Malinois. Namun 5 tahun yang lalu, bila kita bertanya tentang anjing kerja, semua orang hanya bisa sebutkan Anjing Gembala Jerman, Doberman, Rottweiller, tidak ada satupun yang menyebutkan Malinois.

 

 

Bila kita tanya tentang Belgian Malinois, yang ada hanyalah cerita bohong-bohongan seperti, anjing ini sangat berbahaya, anjing ini sangat mengerikan, galak, dan sebagainya, dimana cerita ini beredar, kalau diperhatikan dengan baik, tidak ada satu orang pun yang betul-betul mengerti trah ini, bagaimana melatih trah ini, bagaimana dan apa yang perlu dilakukan untuk mengembangkan trah ini. Semua hanya bisa mengarang cerita yang seram, meskipun malinois yang dia miliki, hanya dengan hentakan kaki saja sudah melarikan diri. 

 

 

Belgian Malinois ini sangat berhubungan erat dengan Karya Guna Indonesia. Karya Guna sudah lama dibuat peraturannya, dan diambil dari ujian IPO yang dirumuskan oleh PERKIN. Karya Guna Indonesia sejak awal hingga 5 tahun yang lalu, tidak pernah diperbaharui, tidak dikembangkan, dan hanya dimainkan oleh beberapa orang saja, sehingga bagi pemilik anjing Karya Guna adalah hal yang sangat susah. Hanya orang tertentu yang bisa melatih. Dan karena pemikiran para pemilik anjing yang juga tidak mau mencari tahu lebih banyak, maka kesempatan seperti ini digunakan oleh pelatih-pelatih yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan. Dan para pelatih seperti ini hanya bisa membuat rumor, hanya bisa bicara dibelakang layar, selalu sembunyi, selalu cari kesempatan untuk membodohi orang lain, dan masih banyak lagi. Sehingga bagi sebagian pemilik sampai saat ini masih tetap gelap tentang karya guna, masih tetap menganggap orang tertentu paling bagus karena dari buku-buku, atau rumor yang berkembang lama hingga mengakar disebagian orang, namun kenyataannya tidak seperti itu.

 

 

Tentang MALINOIS, rumor tentang keganasan, dan sebagainya diceritakan oleh mereka hingga membuat orang takut, atau kadang-kadang membuat orang jadi mau beli untuk jaga, atau kadang-kadang karena kepintaran Malinois, sehingga banyak orang pikir begitu beli Malinois setelah 2 tahun anjing itu pintar sendiri. Sama juga dengan karya guna, 2 tahun terakhir ini begitu banyak perubahan, perubahan menuju kesuksesan yang lebih tinggi. Dan bayangkan berapa pelatih dimana merupakan pemilik sendiri yang telah melatih anjingnya sendiri sejak 2 tahun terakhir ini? Dulu tidak ada, namun 2 tahun terakhir ini begitu banyak pemilik melatih anjingnya sendiri. Suatu langkah maju bagi karya guna indonesia.

 

Untuk alasan ini, saya yang sudah 5 tahun terakhir ini memelihara, melatih, berkompetisi,  dan mengembang biakan Belgian Malinois, ingin berbagi pengalaman saya dengan para pecinta Malinois yang setia di Indonesia. Saya ingin berbagi seperti dari mana malinois itu berasal, apakah malinois bisa dipelihara oleh orang normal atau untuk anjing rumahan, paling bagus dilatih mulai umur berapa tahun, bagaimana memilih pelatih yang baik, dan masih banyak lagi. Mari kita lihat satu per satu.

 

Asalnya Malinois

Bila kita lihat gambar malinois sekarang dengan malinois dahulu, tidaklah begitu banyak perubahan, paling tidak bentuk dasar mereka masih tetap sama. Belgian Malinois bukanlah Anjing Gembala Jerman, sering orang salah menafsirkan bahwa Malinois adalah AGJ, yang pasti BUKAN! Malinois aslinya berasal dari Belgia, sedangkan AGJ dari Jerman. 

 

Malinois merupakan salah satu dari 4 jenis Anjing Gembala Belgia yang ada, dan Klub Gembala Belgia, "Club du Chien de Berger Belge" lebih dulu didirikan yakni pada tanggal 29 September 1891 dibandingkan Klub Gembala Jerman "Verein for Deutsche Schaferhunde" yang didirikan pada 22 May 1899.

 

Hampir semua trah yang begitu bervariasi, selalu diciptakan atau selalu dilatar belakangi oleh seorang pemikir dibawah naungan suatu organisasi maupun suatu management yang besar. Begitu juga Anjing Gembala Belgia ini, tidak terkecuali. Orang yang paling berpengaruh terhadap trah Belgian Shepherd ini adalah Prof. Adolphe Reul, Tetapi Bapaknya Malinois lebih dikenal Mr. Louis Huyghebaert, karena pengaruhnya di Klub Anjing Gembala Belgia St.Hubert disamping itu, dia merupakan pelatih yang top pada waktu itu dan tentu saja obesesinya terhadap Malinois.

 

Sejak tahun 1900 setelah perang mulailah dilakukan perbaikan terhadap trah Anjing Gembala Belgia ini, dan hanya bisa diperbaiki dengan in line breeding, dan dari hasil perbaikan ini, dikelompokanlah 4 jenis Anjing Gembala Belgia yakni, yang berbulu panjang dan coklat Tervueren, Berbulu panjang dan hitam Groenendael, dan yang berambut keriting adalah Laekenois. Yang berambut pendek seperti yang kita ketahui adalah Malinois. Begitulah awal mulanya Malinois itu berasal, dan orang yang berusaha keras mengembangkan trah ini yang dikenal sebagai bapak Malinois, Mr. Louis Huyghebaert, sebagai penggemar dan penghobi Malinois, saya ucapkan terima kasih kepada beliau yang telah berusah keras untuk menjaga trah ini tetap ada hingga sekarang. 

 

 

Dari Keempat Anjing Gembala Belgia, mana yang terbaik?

Dari keempat Anjing Gembala Belgia ini, Malinois yang paling stabil. Mungkin kita pernah lihat jenis lain dari Anjing Gembala Belgia ini melakukan proteksi, namun sangat jarang sekali dapat ditemukan, begitu juga sangat jarang sekali mereka dapat melakukan lebih baik dari Malinois. Banyak breeder/pembiak tervueren, Groenedael dan Lakenois hanya berfokus pada bentuk / strukturnya saja, tanpa memperhatikan temperamen dan kesehatan anjing yang dikembangbiakan tersebut, dan kenyataanya ketiga jenis anjing tersebut sekarang ini kurang keras dan kurang percaya diri. Berbeda dengan malinois, dikembangbiakan dengan berfokus pada temperamen dan kesehatannya, tanpa memperhatikan bentuknya. 

 

Bagaimana Malinois dapat menjadi anjing rumahan?

Seperti yang kita bahas sebelumnya, sering terjadi salah persepsi dan salah konsep bila berbicara Malinois sebagai anjing rumahan. Selama 5 tahun ini begitu banyak anjing yang saya lihat, menurut pengamatan saya Malinois mempunyai temperamen yang sangat baik, bentuk dan warnanya juga sangat mantap, dan tidak semua malinois itu bersifat hyper. Sebenarnya Malinois itu bisa dikatakan seperti saklar "ON" dan "OFF" dimana dia dapat duduk bersama anda menonton TV dan bermain dengan anda secara aktif. 

Permasalahannya adalah banyak breeder/pembiak yang tidak mengerti memilih temperamen anakan, dan banyak breeder yang menjual anjing malinois buangan/sortiran sebagai anjing peliharaan rumah, bayangkan anjing malinois seperti ini memiliki temperamen yang tidak stabil, yang dapat meledak kapan saja. Hal ini terjadi bukan hanya di trah Malinois, ditrah yang lain juga, ada anjing rumahan yang sangat keras kepala, ada anjing rumahan yang punya masalah temperamen dan sebagainya. 

Jika anda benar-benar mau mencari malinois yang cocok/sesuai dengan anda, saya percaya dapat membantu anda!

 

 

Apakah Malinois termasuk trah yang sehat?

Anda dapat menemukan suatu penyakit pada trah anjing apapun. Adakalanya merupakan karakteristik dari trah tersebut, ada yang berbentuk individual. Secara umum, Malinois adalah trah yang sehat, karena mereka hanya digunakan untuk bekerja seperti proteksi, gembala, dan kenyataannya dia tidak sepopuler trah lain Anjing Gembala Jerman. 

Namun tetap saja bila membeli Anjing Belgian Malinois, tetaplah foto hips dan elbownya meskipun sangat jarang sekali ditemukan malinois yang ada masalah dengan hips dan elbow. Dan juga di Malinois dapat ditemukan penyakit ayan, masalah mata dan masalah kulit, namun sangat kecil sekali persentasenya. 

Saya telah membiakan Malinois selama 4 tahun terakhir ini, dan bisa dikatakan 85% anakan yang lahir tersebut sangat sehat dan temperamen stabil.

 

Apakah Malinois mudah untuk dilatih?

Bila kita tanya para pelatih, sebagian mengatakan mudah, sebagian bilang berbahaya, sebagian terlalu berputar-putar berusaha menghindar, namun kenyataannya memang Malinois itu mudah untuk dilatih. 

Malinois adalah anjing yang sangat pintar karena dari genetik yang dibawanya adalah genetik menggembala dan menjaga. Sehingga dapat dikatakan anjing ini dapat bekerja sama dengan baik dengan pemiliknya/pawangnya.

Malinois gampang di motivasi, gila bekerja, gesit dan sangat sehat adalah hal yang selalu kita temukan pada Malinois. Tentang bentuk dan ukuran, saya selalu menempatkan hal ini di nomor kedua. Yang terpenting adalah malinois selalu anjing yang serba bisa, sangat cepat, gesit, sangat kuat di proteksi. Oleh karena itu, Malinois banyak digunakan oleh Negara Jerman dan Amerika sekarang ini. Begitu juga dengan Indonesia mulai melirik trah yang serba bisa ini.

 

Kapan saya boleh mulai melatih malinois saya?

Saya menyarankan anda melatihnya sejak dini, namun carilah coach/pelatih yang dapat membantu anda untuk melatih dengan benar. Jangan sembarang mencari pelatih atau DTC, bila mau yang bagus, carilah informasi lebih banyak, baru putuskan. Sekali anda salah melatih/menempatkan anjing anda di sekolah yang salah, masa depan Malinois anda juga suram. Ingat, cari tahu dan bertanya, berkunjung ketempatnya, tanya pelatihnya sudah berapa malinois yang pernah dia latih, prestasinya, pandangannya terhadap positive training itu apa. Terus cari pembanding, dan jangan malu bertanya. Masa depan anjing malinois anda dan kepuasaan anda ada ditangan anda sendiri.

 

 

Bagaimana Malinois dari BLACKHEAD's KENNEL?

Dari awal saya pelihara anjing Malinois, saya selalu mencari data, garis darah, dan berkonsultasi banyak kepada orang Belgia dan Belanda serta Swedia tentang garis darah. Garis darah sangat penting, namun anjing yang kita impor, harus kita latih baru tahu trainability anjing ini sampai dimana, terus bagaimana anjing ini waktu kita latih cara dia menghandle stress yang kita berikan.

Oleh karena itu, semua Malinois jantan maupun betina yang ada di BLACKHEAD, kami latih baik itu IPO, Karya Guna maupun Belgian Ring Program. Untuk Breeding top puppy, kami menggunakan Pejantan yang kami latih Belgian Ring Program, karena pejantan yang dilatih diprogram ini, mereka dapat menerima stress yang kita berikan, tidak ada takut, selalu mau lebih, dan memang sampai saat ini hasil yang dicapai dari pembiakan kami sungguh baik meskipun banyak handler/pelatih yang tidak dapat mengontrol Malinoisnya hal itu hanya tinggal waktu dan pengalaman saja. 

 

Membiakan Malinois tidak segampang seperti mencampurkan 2 ekor Malinois dan kawin dan menghasilkan anak. Seperti yang kita sering temukan, banyak anjing di Indonesia ini dalam pedigreenya ada Sch3, FH, Juara dan sebagainya, tidak susah mencari anjing dengan pedigree yang luar biasa bagus, namun membreed anjing bukan hanya itu saja yang dilihat. HARUS LIHAT APA YANG BISA PEJANTAN ATAU BETINA ITU CAPAI! Lihat hasilnya, lihat latihannya. MALINOIS ITU DIBREED DENGAN PERTIMBANGAN DIA DAPAT DILATIH, SEHAT, STABIL, GARIS DARAH YANG BAGUS, SERTA DiA DAPAT MEMBUKTIKAN DIA DAPAT MENGHANDLE STRESS YANG KITA BERIKAN PADANYA!

 

YANG TERPENTING ADALAH APA YANG KAMU CARI .... MOBIL FORD? atau MOBIL FERRARI?

 

 

 

Saya sangat serius dalam mengembangkan Malinois yang dapat bekerja, sosial, temperamen tinggi, dengan drive yang seimbang, grip yang bagus, serta sehat. Dan saya sangat serius mengembangkan Dogsport di Indonesia. Saya mengembangkan Dogsport sesuai standar Internasional. Saya telah 4 kali menjadi Juara Nasional di Kejuaraan Anjing Karya Guna PERKIN dari tahun 2006, 2007, 2008 dan 2009. Saya telah belajar melatih anjing di Jerman, Belgia, dan Belanda, serta 3 tahun terakhir ini saya belajar dari ProStaff Team Bart Bellon. Menurut saya Mereka dapat membantu saya memperoleh 2-3 point lebih untuk tiap fase ujian yang akan saya lalu. 

 

Saya ingin para pemilik dan pecinta Anjing Kerja, terutama Pecinta Belgian Malinois, mulailah cari informasi yang benar untuk kepentingan anda, ikuti aturan yang ada, belajarlah melatih anjing anda sendiri, pilihlah anjing yang benar dari breeder yang benar sehingga anda dapat mengandalkan anjing yang anda pilih tersebut. Dengan demikian kita dapat memberi pelajaran kepada breeder yang tidak benar, pelatih yang tidak benar, untuk terus belajar dan merubah kebiasaan buruk mereka. Bila semua pecinta anjing terutama malinois mengerti dan mau tahu, maka tidak akan ditipu lagi. Dengan demikian  anda akan mendapatkan anjing yang sesuai dengan yang anda inginkan. 

 

Bila ada yang ingin menanyakan tentang Malinois, silakan hubungi saya. Saya selalu siap untuk membantu anda!


Daftar Komentar

#1 hamidi - 2009-09-17 15:57:56
aku dah punya anjing Colie umur 1 th, tetapi aku juga sangat tertarik dengan malionis,berapa ya harga malionis yang untuk rumahan aja?


#2 ary - 2009-09-24 09:50:26
kalau tentang perawatan anjing peking kaya gimana


#3 Liman - 2009-09-27 15:19:47
Hello Ary, anda bisa ke vet atau kunjungi website kennel/ website anjing di Indonesia atau ke PERKIN setempat anda untuk mendapatkan informasi tentang PEKING. Atau anda bisa juga menghubungi breeder/pembiak PEKING yang anda beli. semoga informasi ini membantu anda.


#4 Liman - 2009-09-28 10:09:56
@hamidi, harga malinois sangat bervariasi. Yang terpenting, lihat pejantannya (Bapaknya) siapa, lihat cara dia bekerja seperti apa, darahnya seperti apa. Setelah itu lihat induknya, cara kerjanya, dan kedua induknya ini apakah dilatih secara regular dan apakah ada title.
Sangatlah berbeda sekali, anakan yg bapaknya asal malinois saja, begitu juga indukan betina asal malinois saja, tdk ada latihan, tidak tahu sampai dimana stress anjing itu bisa ditekan, atau trainabilitynya spt apa, maka anakan yang anda beli bisa saja jadi bom waktu, atau tdk sesuai dgn yg anda inginkan, takut, dll. Jadi semua tergantung indukan, darah. Malinois untuk rumahan, harus dipilih dengan benar. Mau beli malinois, check latar belakang breedernya, tanya banyak ke breedernya, dan bila sudah yakin, silakan minta breedernya yang pilihkan. Semoga anda mendapatkan malinois yang sesuai dengan keinginan anda.


#5 yunaim munandar - 2009-11-05 18:11:18
salam kenal... saya berasal dari jogja saya ingin mengenal lebih lanjut mengenai anjing belgian malinois ini.... FB saya yunaim uname...tlg saya di beri info mengenai ajing jenis ini,,,


#6 BLACKHEAD`s TEAM - 2009-11-09 12:52:38
@yunaim: tentang malinois, kan di artikel ini sangat jelas. Juga bapa bisa telusurin artikel lagi dan ada lagi tentang malinois. Yang ingin bapak ketahui apa? Jadi baru bisa kita berikan informasi.


#7 Louis Prastowo - 2009-11-16 14:32:06
Salam kenal,
sejauh ini saya baru sedikit memahami malinois. saya sedang banyak belajar dari artikel2 di internet, melihat situs dari kennel2 luar negeri, dan membaca buku2 referensi terkait. Saya terkesan dengan malinois karena kecerdasan dan kemampuan kerjanya bagi saya mengagumkan yang secara alami. Suatu saat saya ingin mengadopsi satu atau beberapa jika memungkinkan.
Saya juga menaruh respek kepada Blackhead Kennel yang telah ikut berperan di dalam mengembangkan dunia kepelatihan anjing karya guna dan memperkaya materi anjing2 berkualitas di Indonesia. Situs ini menurut saya sudah cukup representatif dan informatif.
Saran saya, agar situs dan kennel Blackhead dapat lebih terlihat kredibel dan berkualitas, sebaiknya bahasa Indonesia yang dipergunakan dapat diperbaiki lagi. Saya melihat banyak sekali kesalahan dalam penulisan dan aplikasi tata bahasa yang baik dan benar (dalam bahasa Inggris disebut "grammar"). Bila hal ini dapat diperbaiki, pembaca akan semakin dipermudah dalam memahami isi informasi yang disampaikan. Kredibilitas kennel pun semakin dapat dipertanggungjawabkan, mengingat pemakaian bahasa yang baik dan benar di satu sisi menunjukkan logika, ketelitian, dan pengetahuan.
Maaf bila ada kata yang salah, semoga Blackhead dan dunia anjing Indonesia semakin maju.


#8 Liman - 2009-11-16 15:40:53
@Louis: terima kasih atas saran anda. Saya akan memberitahukan penerjemah saya mengenai saran anda.


#9 deni - 2009-11-19 19:05:41
brapa harga nya???dmana bisa dapet,sy tinggal di bandung...
galak gak???


#10 BLACKHEAD`s TEAM - 2009-11-20 11:55:32
@Deni: harga malinois variable, semakin mahal bila temperamen semakin tinggi. Dan hanya anda bisa tahu anakan itu top bila anda bisa melihat bapa dan ibunya. Dan lihat karir pelatihannya. Anjing yg bloodline bagus bila tidak bisa dilatih juga tidak ada gunanya. Terlalu bahaya untuk menebak untuk masa yang akan datang. Bila bapa dan ibunya dilatih, dan anda tahu seberapa besar bapa dan ibunya bisa menahan stress, gimana mereka dapat mereleased stress mereka. Bagaimana gripnya, dan beberapa faktor lagi, barulah anda bisa menilai apakah saya perlu beli anakan dari dia atau bukan.
Bila anda hanya ingin mempunyai saja dan tidak tahu untuk berapa lama dan untuk apa anjing tipe ini, blackhead adalah tempat yang salah untuk dikunjungi.
Bila anda mencari real anjing kerja, silakan kunjungi kami.


#11 Louis Prastowo - 2009-11-24 15:23:26
Salam Pak Liman dan Blackhead's team. Saya ingin mengetahui pendapat atau tanggapan anda sekalian mengenai program Schutzhund, Belgian Ring, atau French Ring.
Beberapa waktu lalu saya menemukan artikel internet, milik sebuah kennel/penyedia anjing2 proteksi di Amerika Serikat, yang mengkritik orang2 yang menjual anjing2 bertitel Schutzhund, Belgian Ring, atau French Ring dan mengklaim anjing2 tsb sebagai anjing proteksi. Pemilik kennel tsb melihat bahwa program Belgian Ring, dsb, hanyalah olahraga (dog-sports), dan bukan sarana pengujian anjing proteksi sejati.
Di dalam artikel tsb juga dikemukakan beberapa argumen yang ditambahkan sebagai penegas opini.
Saya ingin mengetahui pandangan saudara sekalian, apakah anjing2 yang mengikuti program dog-sports dapat dikatakan sebagai anjing proteksi sejati?
Bersama ini saya sertakan juga link dari situs bersangkutan: http://www.cck9.com/blog/?cat=23
Terima kasih.


#12 Liman - 2009-11-24 16:20:48
@Louis: apa yg anda maksud dengan proteksi sejati?
Suatu program dibuat selalu dilatarbelakangi dengan suatu sejarah.
Menurut anda, bagaimana kita menguji seekor anjing dalam proteksi?


#13 aris hendratmoko - 2010-04-17 10:04:47
salam kenal..tuk harga malinois ini apa beda tuk show dng tuk dipelihara dirumah..gbu


#14 sinyung - 2010-11-30 21:41:12
Salam Pak Liman, begitu melihat anjing Belgia Malinois ini, aku jadi jatuh cinta, ingin memilikinya dan melatihnya.
Tapi kalau berbicara mengenai harga, kemungkinan untuk itu rasanya masih jauh.Tapi kebetulan saya bekerja di bagian keamanan , mungkin anjing ini bisa di rekomendasikan ke perusahaan di mana saya bekerja yg memang saat ini lagi membutuhkan anjing guard dan protection, apa mungkin kennel yg bapak pimpin dapat bekerja sama dengan perusahaan kami?


#15 Liman - 2010-12-03 13:48:29
@aris: kami tidak menyediakan malinois
untuk show. jadi bila anda mau untuk show, ya anda liat dan pilih sendiri. kami menilai seekor malis dari drive dan nerves yang dia miliki. thanks


#16 Liman - 2010-12-03 13:49:45
@sinyung: hello, seperti yang kita diskusikan kemarin di YM, kamu lanjutkan dulu. Semoga sukses ya :)
salam, liman


#17 Tiwa - 2011-01-02 18:46:41
Wah...makin kesengsem nih ama Malis, nanti saya minta bantu Pak Liman nih, agar bisa punya Malis Rumahan...Malis Sahabat keluarga..
Thanks


#18 ning santji - 2011-03-05 15:48:47
pak,kalau boleh saya tanya apa yg dimaksud dg belgium ring? dan apa itu KNPV?


#19 Liman - 2011-04-05 15:53:16
@ning santji: bisa anda baca dibagian article, semua sangat jelas disana. salam, liman


#20 Zhie - 2011-04-24 11:14:29
tidak diragukan lagi anjing malinois bisa dibilang anjing cerdas, anjing malionis saya baru umur 1 1/2 thn, sudah bisa cerna perintah ambil bola tennis


#21 hendry - 2011-05-02 20:05:24
Dear P Liman,
saya ada beberapa pertanyaan mungkin bapak dapat membantu

1. saya sering mendengar liter A, liter B, liter C ini apa maksud nya ya pak

2. saya baru adopt hampir 1 bulan (skrg 3 months belgian puppy) - dan sangat agreesive sekali dengan 3 years german shepperd saya - bagaimana agar kedua nya bisa lebih cool jika dilepas bersamaan - apakah memungkinkan
3. apa yang benar2 harus saya ketahui or hindari utk memastikan belgian puppy (3 bulan) telinga nya bisa berdiri dengan sempurna

terima kasih


#22 dra - 2011-05-03 01:10:08
D jamin gk bakal nyesel kl pny malis.. Kpn nih ada event untk pecinta malis..


#23 liman - 2011-05-03 10:20:40
@hendry: litter a, b dan seterusnya itu adalah pendaftaran berdasarkan abjad. bila kennel anda baru, maka anakan pertama namanya dimulai dari abjad A dan bila anakan kedua dari pembiakan anda maka dimulai dari abjad B

untuk point 2, kamu seharusnya cek sama breeder anda. karena saya tidak tahu garis darahnya. breeder yang anda adopsi anakan tersebut yang harus guide anda.

untuk puppy, naik tidaknya telinga genetik sangat berpengaruh, bila ada genetik diatasnya yang gak naik secara genetik maka anakan bisa saja ada genetik tersebut.


#24 liman - 2011-05-03 10:21:21
@dra: hubungi KBSI saja ;)


#25 yuniantovenus - 2011-05-08 20:01:40
apakah malinois mix bisa seperti malinois yang asli pak ,saya baru mendapatkan umur 2,5 bulan dan telinganya belum naik,saya di solo dan komunitas penggemar ini masih jarang di solo untuk jogya saya bisa kontak pak heru di no hp berapa


#26 Liman - 2011-05-09 11:39:21
@Yuniantovenus: silakan kunjungi http://www.blackheads.biz/partner.html?details=620

tentang malinois mix, ya tidak akan sama dengan yang asli.


#27 Mbah Hanoman - 2011-08-24 04:03:32
Saya ingin mengenal lebih banyak khusus tentang trah ini,bagaimana cara mengendalikan sehingga bisa berfungsi ganda,karya guna dan sahabat,apakah ada semacam garansi purna jual anakan ?


#28 Liman - 2011-09-07 15:18:16
@yudo: silakan baca bagian artikel yang ada. Untuk mengendalikan seperti yang anda mau, silakan hubungi club pelatihan terdekat yang ada. Garansi purna jual anakan, garansi seperti apa yang anda kehendaki?


#29 rudy - 2011-09-25 22:49:55
pak fransiskus apakah di KBSI ada even belgian ring?lalu untuk even karya guna perkin kapan kira2 diadakan even ringsport mondioring?


#30 Liman - 2011-10-10 17:24:18
@rudy: tidak ada even belgian ring. Belgian Ring hanya untuk NVBK, dan perkin bukan member dari NVBK dan NVBK bukan member dari FCI.
Step by step brother, untuk karya guna spt anjing sahabat, jaga madya dan pelacak madya aja masih sangat parah!
Untuk IPO masih belum cukup baik. Juga hanya segelintir orang saja.
Ring sport memerlukan team untuk melatihnya. Dan tidak gampang.
Mondio Ring adalah ring internasional milik FCI.


#31 Gee wililkers, that's such a great post! - 2011-10-25 11:11:29
Gee wililkers, that's such a great post!


#32 hendry - 2011-10-25 21:37:40
Hi Pak Liman,
bisa share info .... bagaimana utk buat malinois saya mau punya food drive yang baik,,,krn jika saya berikan dogfood malinois saya cenderung kurang minat.. tetapi jika di campur daging lumayan lahap.. bagaimana mengembalikan dia ke regular doogfood dan sekali2 saja saya campur.. malinois saya betina umur sekitar 8-9 bulan

utk malinois sampai umur berapa kira2 masih akan terus masa pertumbuhan ?

dan sifat puppy dari malinois biasa nya sampai umur berapa ? krn drive utk bermain nya sangat tinggi.

saat ini sedang dalam program obedience training - dan sedikit lebih tenang dibandingkan beberapa bulan lalu

malinois saya adalah anakan dari Guess X Naga
bisa share sedikit mengenai history indukan ini ? saya ada coba cari2 info sekilas.. tetapi hanya ingin memastikan saja


#33 Liman - 2011-10-26 13:19:53
@hendry: kamu harus konsisten! mau dogfood saja atau mau campur? kalau mau dogfood, mulai hari ini, kasih dia 100 gr, df saja, kalau makan bagus, klu gak, ambil saja, besok kasih dia kembali. abis, besoknya baru tambah. dan atur beratnya sesuai dengan berat anjing kamu.
mereka tumbuh hingga 13 bln stlh ini tidak meninggi lagi. dan mulai pelebaran. jadi skr di bulan 8-9 bln, jaga berat badannya.
sifat puppy tergantung lingkungan, dan genetik yang ada. yang perlu kamu tahu adalah menurut kamu sifat puppynya itu seperti apa? kalau kamu bilang drive utk mainnya tinggi, ya baguslah, karena itu malinois mmg harus seperti itu.
kalau 8-9 bln seperti itu tinggi, nanti 2-3 thn atau 4 thn, bisa 3-4 kali lipat gilanya bila kamu lakukan hal-hal dengan benar.

tidak tahu obedience training seperti apa yang kamu berikan kepadanya, karena usia yg sekaraang dia ada, kalau ditrain dengan salah, akan menghasilkan malinois yg bergerak sangat pelan. Selama malis kamu bulan lewat bulan dan makin hari makin pelan, artinya ada yang salah!
(menurut kamu setelah obedience training, dan sekarang lebih tenang) saya tidak mengerti apa yang anda inginkan. kalau kamu mau malinois yg tenang, tidak sibuk, malas, kamu harus cari yang show line, saya tidak tahu di jakarta ada show line sebelumnya.
utk guess dia punya drive berton-ton. Naga, juga punya drive sangat tinggi, dia akan main hingga dia mati kalau kita tidak stop dia.
Dari ibu maupun bapak anakan kamu sudah bagus, sepertinya kamu treat anakan kamu yang sedikit tidak konsisten dan kamu harapkan malis yang sangat tenang.
malinois itu harusnya sangat aktif, dan kita train dia dengan clear.
bukan gimana buat dia tidak sibuk, karena sama saja kamu bunuh semua drive yang dia ada.
Saya tidak tahu kamu ada dimana, kalau dijakarta ada training club, dan bawa kesana, dan kamu akan dapat informasi yang lebih baik lagi.
kamu juga bisa konsultasi dengan pak sukengdro yang punya betina, atau gunawan yang punya jantan, karena kedua pemilik ini sangat paham dengan anjing mereka.
Salam,
Liman


#34 hendry - 2011-10-27 00:02:27
Pak Liman, terima kasih - saya ada di bali.. Dan kebetulan malis saya anakan dari pak sukengdro
Saya tidak bermaksud membuat dia slow pak.. maksud saya jauh bisa ke handle.. Klu drive saya memang terus biarkan utk punya drive yg bagus.. Kebetulan malis saya di handle oleh anggota k9 dibali utk basic training sambil pembentukan character.. Dan sehari2 saya memang selalu attched dgn malis saya juga - so far sudah lumayan cukup attached ke saya dan kedepan nya saya mau coba sertakan malis saya utk program lebih jauh..jika memungkinkan waktu saya.. Tapi sayang dibali saya tdk banyak info mengenai training club.. Saat ini saya hanya in touch dengan anggota K9 yg pernah handle AGJ saya..

Sekali terima kasih atas sharing nya pak.. Saya akan coba rubah pola makan nya..mungkin karena saya spoil anakan malis saya - sekali terima kasih atas masukannya ya pak


#35 Yulius Djuanda - 2012-01-04 23:08:21
Pak Liman saya ingin punya malis yg masih berusia 7-8bln,tp yg sdh mulai dilatih utk dijadikan penjaga rumah yg tangguh dan pintar hanya saja dirumah saya sdh ada Rottweler jantan berusia 1 th,dan bagaimana saya spy bs mendapatkan malis yg saya inginkan ? Apakah Bpk bs membantu saya?dan berapa biaya yg diperlukan utk mendapatkan seekor malis yg benar"berkwalitas ? trims (Yulius Djuanda di Jogjakarta)


#36 Liman - 2012-01-05 11:24:56
@Yulius: silakan hubungi team blackhead. no. telp dan email atau yang lain semua ada di site ini, silakan hubungi. selamat tahun baru 2012. thanks, liman


#37 andre - 2012-01-20 13:12:31
salam pak liman...
saya tertarik untuk mengadopsi ajg mals dalam waktu bbrp bln kedepan ( bukan untuk saat ini )
sejauh ini pertimbangan saya adalah jenis mal atau doberman
saya mau minta saran bapak apakah mals cocok dengan saya :
sebelumnya jenis ajg yang pernah saya pelihara,,mix chow" (jantan), apbt (jantan), rottweiler (betina).yang rottweiler ini masih saya pelihara dan usianya 8 tahun.
saya bukan pelatih ajg profesional,,jd ajg" saya cuma diajari kepatuhan dasar ( mana yang boleh mana yg dilarang, duduk,tiarap,mengonggong,jalan disamping kiri,tidak melompat pada orang,shakehand,hanya makan setelah ada perintah makan dan kepatuhan standar lainnya)
tempat tinggal saya relatif luas,,ruko dengan halaman belakang ukuran sedang krg lbh 100 meter persegi dengan pembatas.jadi hampir full 24 jam saya bisa bersama ajg saya,,
tujuan pemeliharaan saya adalah sebagai ajg penjaga,,
kegiatan sehari" saya,,pagi jalan sama rott krg lbh rata" 5km sekalian sosialisasi, lalu buka toko dan saya biarkan rott saya keluar masuk toko dan rumah walau kebanyakan dia ikut jaga di toko ( toko saya bukan tipe toko super sibuk jd walaupun di toko masih bisa ada kegiatan dgn ajg saya spt sekedar becanda dan latihan ringan ngejar bola ,,disuruh kerja ringan tutup pintu ambil brg dll,,ato kepatuhan dan kadang tidak jrg juga sambil sikat bulunya)rott saya tidak stress dengan bisingnya kendaraan lewat dan suara keras lainnya,,dia juga ramah terhadap pelanggan tp cekatan menjaga pintu masuk terhadap org asing,,jika org asing masuk setelah saya persilahkan dia ramah,,tp jika maen nyelonong aja dia galak.tidak maen serang sembarangan lepas kendali.
sore hr saya rutin ajak dia ke pekarangan lempar bola,,latihan kepatuhan,,,dikit agility spt loncat halang rintang jalan zig zag dll.
malam hari dia tidur di alas tidur depan kamar tp dengan akses bebas eksplorasi seluruh rumah karena saya ingin dia menjaga properti saya ( rumahnya rawan maling :(
apakah jika saya memelihara mal,mal tersebut bisa patuh peraturan rumah dan lingkungan berisik seperti rott saya?
jika ya apakah bapak bisa membantu memilih karakter puppy yg sesuai?saya asing dengan istilah drive,,prey dll.

sekedar tambahan tidak ada anak kecil dirumah saya,,tidak ada binatang lain hanya rott betina 8 tahun.
dan selain karakter sedikit pertimbangan ke dua saya cenderung ingin mal jantan dgn warna fawn dan mask hitam yg sedikit atau agak cerah warnanya
jika ada puppy yg cocok di kennel bapak apakah bapak melayani pembelian dengan pengiriman luar kota?
bisakah sebelum mengadopsi bapak memberikan saya penjelasan lebih detail karakter indukan dan bbrp foto indukan?

sekian,,
harap maklum jika saya sedikit cerewet
trima kasih atas perhatiannya
salam





#38 Liman - 2012-01-25 10:46:09
@andre: anda perlu malinois normal.


#39 andre - 2012-01-26 16:14:47
Pak Liman,,Terima Kasih atas responnya.
cuma saya sedikit tidak mengerti,,maksudnya malinois normal?
bisa tolong diperjelas?
trims




#40 Liman - 2012-01-30 11:10:48
@andre: karakter dan temperamen normal saja. kira2 seperti itu. salam, liman


#41 andre - 2012-01-31 11:12:38
jadi bapak bisa bantu saya memilih karakter puppy yang sesuai di kennel bapak?
trims


#42 Liman - 2012-01-31 13:01:43
@andre: bisa. Sekarang anakan kosong. nanti ada anakan, kontak kita lagi. salam, liman


#43 andre - 2012-02-04 09:54:42
ok...
memang rencananya saya ingin puppy dalam waktu bbrp bulan kedepan..jadi ga masalah menunggu litter selanjutnya.
trima kasih untuk respon baik nya


#44 sapta - 2012-02-06 16:58:59
Salam kenal, Pak Liman.
Saya Sapta, kebetulan sy memelihara malinois dari Pak Sukengdro anakan guess dan sky. Umur 20 bulan saat ini, lokasi di pekanbaru.
Saya mau tanyakan:
1. Bagaimana cara melatih anjing tersebut untuk menjadi anjing penjaga?
2. Apa ada rekanan bapak melatih di pekanbaru?
Rasanya sayang bila anjing cerdas tapi tidak terlatih.
3. Saat ini, anjing cenderung suka menaikkin anjing betina lain spt mau kawin, bagaimana latihnya?
4. Apa ada buku tentang melatih malinois? sehingga saya orang awam bisa sedikit belajar.
Terima kasih banyak.


#45 Liman - 2012-02-09 15:30:35
@sapta: 1. untuk latih malis bapak utk jaga, anda perlu helper/decoy yang mengerti
2. pekan baru kita belom ada partner disana
menurut saya, coba latih dia dari kepatuhan dasar dulu.
3. biasanya kemungkinan betina anda mau mens atau lagi mens, kadang juga dia itu menunjukan dominasi pada anjing tersebut. Semua hal, haruslah dimulai dari kepatuhan
4. Buku sementara belom ada. Kita ada rencana akan buat yang online, hanya belom tahu kapan, karena waktu yang terbatas.
salam, Liman


#46 awang - 2012-12-17 11:58:30
mau tanya, malinois betina pa bisa juga dilatih buat kejuaraan .


#47 Liman - 2013-01-10 14:32:58
@awang: malinois betina atau jantan semua punya kesempatan untuk kejuaraan karya guna.
Blackneck\'s A\'Gipsy malinois betina saya juara nasional 2010 dan 2011.
salam, liman


#48 Alex - 2013-05-03 12:57:19
halo pak liman, kenapa herder jantan saya usia 1,4thn. dengan tamu ngk gonggong, padahal sudah dikandang. dan hanya gonggong dg anjing2 liar

bagaimana caranya spy dia bisa gonggong kalo ada tamu?

thx




#49 Liman - 2013-05-15 23:37:46
@Alex: kadang posisi letak kandang. Kadang bisa juga usia. kadang bisa juga karakter/temperamen. Saya punya malis kalau ada orang, dia tidak pernah gonggong, kadang dia keluar liat orang, dan masuk lagi tidur dalam kandang. kalau liat anjing lain keluar kandang, dia gonggong. Tapi dia anjing terbaik yang pernah aku latih. Dia sangat dominan. Dia handler agresif.


#50 hendy - 2013-06-27 21:34:55
halo psk limsn...sy baru memiliki anjing jenis malinois...bisa gak kalo sy minta tips/saran bpk via ponsel??? kalo bpk tidak keberatan...sy minta nmr ponsel bpk supaya sy bisa menghubungi bapak...sebelumnya sy mengucapkan bnyak trm kasih....


#51 hendy - 2013-06-27 21:39:13
halo pak liman...sy mao tny,kalo sy mau minta tips/saran via ponsel harus hubungi nomor apa yaa...trima kasih


#52 Liman - 2013-06-29 12:03:52
@hendy: hubungi club seperti ocean k9 training atau blackface. bisa lihat mereka di anjingkita.com


#53 Dewa - 2013-11-12 01:59:32
Selamat malam pak liman , salam kenal ...

saya sedang bernegosiasi dengan seseorang breed trah malis , saya berencana ingin mengadopt anakan malis (jantan) umur nya sekarang 3 bulan lebih tapi pas saya lihat dari video dari penjualnya ,saya menemukan keganjalan satu dari ciri2 anjing puppy malis yaitu di kuping kanannya hanya naik setengah dan yang kiri malah tegak . kalo saya baca artikel tentang malis (takut mix aja) apakah itu wajar pak liman ???
nama indukan nya mungkin lusa saya akan mengirim namanya ke bapak liman.

dan yang terakhir , apakah di club pak liman yang disentul, bisa untuk menjadikan tempat malis saya nanti untuk berlatih bersama , mungkin dengan pak liman sebagai guru saya ,untuk membuat saya paham dengan karakter dari anjing malis saya nanti ??? mohon pencerahananya pak liman

saya ucapkan terima kasih :)


#54 opan - 2014-01-28 18:16:27
selamat sore, mohon bantuannya p'liman.

saya ingin memiliki malinois akan tetapi sampai sekarang saya bingung untuk menentukan jantan atau betina.

apa perbedaan yang paling menonjol antara M/F dari trah mali ini.

terima kasih


#55 Liman - 2014-02-03 15:56:33
@Opan: saya tidak bisa bantu kamu banyak. perbedaan yang paling menonjol adalah kelamin mereka beda, postur mereka beda, dan biologis yang beda, tapi secara kerja, hampir sama, tergantung apa yang anda cari

Salam,
LF


#56 Liman - 2014-02-03 16:02:04
@Dewa: selama genetik dari induknya tidak ada yang mengalami telinga salah dari segi genetik, maka anakan itu akan naik telinganya. Biasanya hingga usia 5-6 bulan, kemungkinan naik masih ada.
selama anda beli malinois dengan stamboon perkin, seharusnya tidak mix.

sementara ini saya tidak punya waktu untuk melatih anjing. Anda bisa lihat di anjingkita.com atau kontak perkin, mereka bisa rekomendasikan club yang bagus.

salam,
LF


#57 hengky - 2014-02-23 17:57:19
sy tertarik dgn belgian malionis, sy sdh mengadopsi baby belgian malionis kira2 bula 4 uda dapat di krim. sy dgn hengky sy di kendari ( sulawesi tenggara ). di temapat sy blum ada tempat pelatihan anjing kecuali pelatihan dari polda kendari. mohon bantuan dan bimbingan dalam melatih angjing belgian malionis dari pak liman dan tim. gimana sy harus memulai dari awal dan selanjutnya melangkah lagi k tahap berikutnya. terima kasih


#58 Liman - 2014-02-24 19:20:35
@hengky: anda akan lakukan disiplin pelatihan seperti apa? dan apakah tempat anda mengadopsi malinois tahu apa yang anda akan latih anakan tsb dikemudian hari?
anda harus minta petunjuk dari tempat anda mengadopsi anakan tersebut karena yang breeding adalah yang paling tahu bagaimana melatih indukannya. Jadi keep contact dengan pembiaknya.
salam,
Liman


#59 charles - 2014-03-21 07:39:18
Pak saya Mau Tanya Ini tentang anjing,org tua saya tanya,berapa banyak anak yang dapat di lahirkan belgian malinois pak dan kalau belgian malinois melahirkan itu betinanya makan anak nya gak tuh pak ? hehe kalau ada kata'' yang tidak mengerti tolong maaf ya pak baru usia 15,Makasih Pak Atas Websitenya


#60 eddy - 2014-04-11 04:44:35
Kl mau bl anakan malinois di Medan dimana ya? N brp hrg nya


#61 Liman - 2014-04-11 12:45:17
@charles: yang pernah lahir dikennel saya dari 1-13 ekor. Sampai saat ini indukan saya belum pernah makan anaknya.
Salam,
Liman


#62 Liman - 2014-04-11 12:46:40
@eddy: contact paulus: paulus534@yahoo.com
salam,
Liman


#63 Darren - 2014-04-29 07:02:36
Maaf pak Liman, saya pernah nntn di Nat Geo, dikatakan bahwa Malinois adalah gabungan / perpaduan antara Badan Boxer dan muka German Shepperd, apakah benar trah ini berasal dari gabungan kedua jenis itu? Trimakasih atas penjelasannya


#64 Liman - 2014-05-02 10:25:20
@Darren: bukan. silakan search di google tentang belgian shepherd.
Salam,
Liman


#65 eddy - 2014-05-13 18:38:24
Sy memiliki AGJ jantan n rencananya mau sy mix dgn belgian malinois kira2 baik nggak ya


#66 Liman - 2014-05-26 11:30:04
@eddy: saya tidak tahu karena saya tidak tahu AGJ anda dan malis anda.
LF


#67 eddy - 2014-06-03 13:58:39
Dear pak Liman
Kira2 sy bisa nggak dptkan no hp pak Paulus kemarin sy cb email gak respon


#68 iqbil - 2014-06-23 12:53:09
Hallo pak liman juga tim blackheads, apakah anjing belgian malinois dapat dijadikan hunting dog? Berapa ukuran tinggi dan berat badan maximal untuk jantan serta betina? Kisaran berapa tahun malinois bisa hidup?
Terima kasih atas jawabannya, saya penasaran tentang anjing belgian malinois ini, sekarang baru pelihara dogo argentino & bull terrier buat berburu.


#69 Liman - 2014-06-23 13:58:15
@Eddy: visit www.blackheads.biz dibagian partner

LF


#70 Liman - 2014-06-23 14:01:17
@Iqbil: bisa baca di blackheads.biz bagian artikel, atau anjingkita.com ataupun bisa anda browse di google.com semua pertanyaan anda terjawab.

LF



Masukkan komentar anda

Nama:
E-mail:
Komentar:
Kode :
  
 
http://blackheads.biz/puppies.html?details=684


Advertisement

http://www.hundehardware.com
http://www.belicoff.com
http://www.oceank9training.com
http://www.osterburg-quell.de
Contact Us
SENTUL CITY
Jl. Bukit Topaz No. 30
Bukit Golf Hijau 16810
INDONESIA

Online Support :
 
T : (021) 8796 2606
M : 0812.8290.8888
F : (021) 8796 2453
E : info@blackheads.biz

© 2009 - 2014 blackheads.biz